Skip to main content

Rencana Pembangunan Jembatan Selat Sunda di Prediksi Selesai 2013

JEMBATAN SELAT SUNDA
Jembatan Selat Sunda JSS kini sedang melakukan koordinasi terkait. Estimasi biaya RAB bisa berubah seiring semakin intensifnya pembahasan masalah yang berkembang.

Jika dulu diperkirakan Megasuperproyek ini akan memakan sekitar Rp100 triliun, angkanya lalu berubah menjadi Rp170 triliun. Namun kini proyeksi angkanya proyek meningkat menjadi Rp.215,375 triliun (US$25 miliar). Investasi untuk biaya studi kelayakan dan desain dasar saja memakan biaya US$150 juta (Rp1,29 triliun)

Menurut bahan dari Kementerian Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, angka itu masih bersifat estimasi awal berdasar kuantitas/volume pekerjaan dan harga satuan pekerjaan. Hal itu mengacu pada pengalaman proyek serupa seperti Jembatan Suramadu, jembatan Akashi Kaikyo (Jepang), dan lainnnya.

Biaya Megasuperproyek diperkirakan harga eskalasi akan naik seperti terjadi pada proyek yang ada dengan skala Megasuperproyek yang membuat nilai estimasi harga proyek naik signifikan. Rincian itu juga memerlukan pendalaman lebih lanjut karena belum dimasukkan harga pengadaan lahan, biaya perencanaan, biaya finansial dan sebagianya.

Dalam bahan itu juga disebutkan pendapatan lain di luar tol sangat potensial seperti dari sponsor proyek, misalnya penyediaan utilitas (telepon, jalur pipa migas, dan sebagainya). Proyek itu perlu dipaketkan sebagai kesatuan dengan konsep pengembangan wilayah untuk menjamin adanya subsidi silang bagi pembiayaan proyek serta menjamin keberlanjutannya.

Pemerintah dihadapkan keterbatasan sumber dana karena secara nasional kontribusi anggaran pemerintah (APBN) hanya 30 persen bisa berkurang mungkin!, sedangkan 70 persen merupakan kontribusi swasta. Selain itu penggunaan pemerintah dalam jumlah besar juga dapat menimbulkan Kesenjangan ekonomi masyarakat daerah antar pulau lainnya.

Untuk itu pemerintah harus mendorong kerjasama pemerintah dan swasta dalam pembangunan JSS. Skema pendanaan yang memungkinan dilakukan pemerintah yaitu dengan pinjaman dalam negeri, pinjaman hibah luar negeri, penerbitan surat berharga syariah negara (SBSN)

Rencana Pembanguna jembatan selat sunda (JSS) yang menghubungkan antara dua pulau yaitu Pulau Jawa dan Pulau Sumatera Pembuatan jalan semata untuk tujuan meningkatkan perekonomian bangsa indonesia teruatam jalur pulau sumatera dan pulau Jawa.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Pernyataan Selesai Pekerjaan 100%

SURAT PERNYATAAN Nomor      :  20/PWC-Str.Pernyataan/DPU-JLN/IX/2013 Yang bertanda tangan di bawah ini  :          Nama                                             :       ANDRI PRIANA. ST          Jabatan                                         :      Direktur Utama.          Nama perusahaan           ...

Peta Kabupaten Pandeglang

Informasi tentang Peta Kabupaten Pandeglang (Map Pandeglang) - Kenali wilayah Kabupaten Pandeglang dengan melihat peta Pandeglang terlebih dahulu.  sekilas info Kabupaten Pandeglang secara geografis terletak antara 6 o 21" - 7 o 10" Lintang Selatan dan 104 o 48" - 106 o 11" Bujur Timur. dengan memiliki luas wilayah 2.747 km2 atau sebesar 29,98% (prosen) dari luas Propinsi Banten. batas administrasi peta Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lebak di sebelah timur, Selat Sunda di sebelah barat, Samudera Indonesia di sebelah selatan dan Kabupaten Serang di sebelah utara. Secara administratif, Kabupaten Pandeglang terdiri atas 35 kecamatan, 13 kelurahan dan 322 desa. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Pandeglang yang terletak di bagian utara wilayah kabupaten oleh: Andri Priana/Pawacipta Consulindo, PT. Peta Administrasi:  Artikel terkait : Peta Banten Wisata Tanjung Lesung  Wisata Pantai Carita Wisata Caswaterpark Wisata Pulau Umang ...

MENGHITUNG BAJA RINGAN BATANGAN UNTUK PEMASANGAN

MENGHITUNG BAJA RINGAN BATANGAN UNTUK PELAKSANAAN - Seringkali kita harus menghitung kebutuhan baja ringan untuk pemasangan ketika lokasi pemasangan sangat jauh dari sumber atau toko baja ringan. berapa banyak yang diperlukan batang baja ringan kanal ataupun reng. asumsi perkiraan jumlah kebutuhan canal dan reng dapat diperkirakan dengan cara taksiran kasar (asumsi). setiap masakan tentunya berbeda beda rasanya dan sisa bahan ataupun kurang bahan serungkali kita temui, tentunya setiap ahli estimator tentunya belum bisa memperdiksi berapa sisa dan berapa kurangnya. karena semua tergantung cara pakai dan cara pasang.  ada beberapa cara menghitung suatu kebutuhan batang baja ringan tergantung dari bagaimana melaksanakan suatu pekerjaan di lapangan (boros, hemat bahan). SILAHKAN ISI LUAS BANGUNAN TERBANGUN (TEMBOK KELILING) HITUNG KEBUTUHAN BAJA RINGAN BATANGAN   UNTUK PELAKSAAN PEKERJAAN PEMASANGAN BAJA RINGAN ASUMSI PERKIRAAN MENGHITUNG  BATANGAN B...