Skip to main content

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas tuk bangsaKonsumen Yang Cerdas Paham Tentang Perlindungan Konsumen - Tanggal 23 April 2013 di jadikan sebagai Hari Konsumen Nasional (HKN) di latarbelakangi memperkuat posisi Konsumen, dan para perilaku pengusaha senantiasa memiliki etika dalam usahanya yang di rasakanya sekarang para konsumen sering di jadikan obyek untuk mendapatkan keuntungan oleh pelaku usaha tujuannya dengan hari jadi Konsumen Nasional supaya agar banyak pihak termotivasi untuk membangun konsumen cerdas.
perlindungan konsumen
semua masyarakat selaku konsumen harus bisa menjadi konsumen yang cerdas, teliti, dan cermat dalam memilih barang-barang yang akan dikonsumsi. Selain itu, setiap orang juga harus mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen yang baik.
Untuk menjadi konsumen cerdas tidaklah terlalu rumit. Beberapa kiat yang selalu disosialiasai Kementerian Perdagangan di bawah ini setidaknya bisa menjadi pegangan setiap konsumen.
Untuk dapat menjadi konsumen cerdas, yaitu sebagai konsumen harus dapat menegakkan hak dan kewajibannya, lakukanlah hal-hal, yaitu teliti sebelum membeli, memperhatikan label, kartu manual garansi dan tanggal kadaluarsa, memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan standar mutu K3L, SNI, serta membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan.

agar meningkatnya Pembangunan ekonomi perdagangan Nasional pada era globalisasi dalam sektor barang dan jasa yang senantiasa tetap terjaga didalam perdagangan wilayah Indonesia.  
dapat dilakukan dengan cara :


1. Menjadi Konsumen Cerdas

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Berkemampuan memahami serta memutuskan untuk memilih dan memilah barang yang akan di pakai/dibeli sehingga layak untuk digunakan . Biasanya dalam memilih barang/jasa di pengaruhi oleh besar kecilnya harga yang harus dibayarkan, hal ini memang sudah menjadi rahasia umum bahwa selalu saja kita menginginkan barang/jasa yang bagus namun denganharga semurah-murahnya. untuk menjadi konsumen cerdas tidaklah teralu rumit beberapa kita yang harus kita pahami haruslah mengenal terlebih dahulu kualitas barang yang akan di peroleh dari perdaganagn tanpa mengakibatkan kerugian konsumen. biasanya konsumen yang cerdas akan lebih tahu dan mengerti di tinjau segi keamanan untuk manusaia yang memakai. melalui kementrian perdagangan RI kita dapat pertanyakan barang/jasa  tergolong wajib SNI atau label SNI.

2. Pengawasan Pemerintah dilakukan Demi Perlindungan Konsumen 
peran serta Pengawasan pemerintah dilakukan karena untuk mendorong peningkatan produksi dan penggunaan produk dalam negeri serta mencegah distorsi pasar dari peredaran produk impor yang disinyalir banyak tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, banyak diantaranya melanggar persyaratan terkait Standar Nasional Indoneisa (SNI). peredaran barang yang tidak berlabel SNI  senantiasa diawasi agar kualitas perlindungan konsumen semakin meningkat. hal tersebut haruslah menjadi konsumen yang cerdas dan cermat dalam mengawasi barang produk impor.



3. Penegakan Hukum untuk Perlindungan Konsumen 
Konsumen Cerdas Paham untuk Perlindungan Konsumen
Pemerintah terus berupaya untuk mengoptimalkan peningkatan penegakan hukum di bidang perlindungan konsumen dan metrologi legal di tanah air. UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
hak konsumen untuk dapat di berikan kenyaman, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang., sesuai dengan nilai tukar dan jaminan purna jual yang djanjikan. 

Perlindungan Konsumen bertujuan :
a. meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi diri.
b. mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkannya dari ekses negatif pemakaian barang dan/atau jasa; 
c. meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan dan menuntut hak­haknya     sebagai konsumen;
Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumend. menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi;
e. menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga  
    tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha;
f. meningkatkan kualitas barang dan/atau jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang  
    dan/atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen.


Comments

aryan said…
mantap artiketlnya, mantap juga optimisasi nya, calon dewa SEO yg baru ini

Popular posts from this blog

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Genteng Metal Roof

Cara Menghitung Penutup Atap terutama dalam Menganalisa Harga Satuan Pekerjaan Metal roof ini sangat menentukan dalam pembiayaan merencanakan satuan harga kepada Owner. dan memang betul dalam penetuan harga permeter tergantung pada harga genteng yang akan di pasang, variasi harga genteng tergantung dari harga pasar yang berlaku, akan tetapi dalam analisa pekerjaaan satuan genteng metal roof ada taksiran atau perkiraaan sementara dalam melaksanakan pekerjaan. Analisa Harga Satuan Atap Genteng Metal ini hanya alat bantu hitungan untuk menerapkan harga Permeter Perseginya (M2). untuk dapat secara angka pasti tentunya harus sesuai dengan harga pasar  semoga analisa pekerjaan ini dapat membantu dalam proses pembuatan RAB untuk Pekerjaaan Atap Genteng Metal . Beli Genteng Metal Menghitung Budget / Biaya Pemasangan Baja Ringan + Genteng Metal Harga Terpasang Baja Ringan  Harga Genteng Metal/ Metal Roof Per Meter Harga per batang Baja Ringan

Surat Pernyataan Selesai Pekerjaan 100%

SURAT PERNYATAAN Nomor      :  20/PWC-Str.Pernyataan/DPU-JLN/IX/2013 Yang bertanda tangan di bawah ini  :          Nama                                             :       ANDRI PRIANA. ST          Jabatan                                         :      Direktur Utama.          Nama perusahaan                       :      PT. PAWACIPTA CONSULINDO          Alamat                                           :      Jl. Raya Labuan Km. 2 No 40 Pandeglang          Bertindak untuk dan atas nama :       PT. PAWACIPTA CONSULINDO                                                                                        Selaku Konsultan Pengawas berdasarkan   :                                                                                  Nomor Kontrak                           : ../SPK/Pengawasan/Poros-Desa/DPU-BM/2014                   Tanggal Kontrak                          :  ...Nopember  2013          Pekerjaan                                     : Pengawasan Te

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Rangka Baja Ringan

Kesulitan Bagaimana Cara Analisa Harga Satuan Pekerjaan Baja Ringan seringkali di temui terutama pada saat menghitung kebutuhan rangka atap baja ringan. ada beberapa cara menghitung rangka atap baja ringan bagi para perencana atau arsitek untuk menghitung kebutuhan atap baja ringan tentulah sulit karena dalam menganalisa haruslah di buktikan melalui praktek langsung di lapangan (praxis) Pekerjaan Rangka Atap Baja Ringan perlu adanya suatu analisa untuk mempertanggung jawabkan suatu pekerjaan apabila pemberi pekerjaan (owner) meminta untuk membuktikan hasil hitungan. Analisa harga satuan pekerjaan hanya untuk pekerjaan penutup atap genteng metal (Metal Roof)  Analisa rangka atap baja ringan tergantung pada penutup atap dan beban berat dari genteng tentu setiap analisa berbeda-beda hitungannya. kesulitan bagaimana cara mencari menghitung luas volume penutup atap rangka baja ringan silahkan kunjungi : Harga Besi Beton 2013 Perkiraan Hitung Luas Volume ONLINE Harga Pa