Skip to main content

Laporan Akhir Pengawasan Konsultan

Laporan Akhir Pengawasan ini di buat guna memenuhi Laporan Produk hasil Pengawasan. isi Laporan ini sederhana untuk memenuhi standar laporan.


BAB - 1
LATAR BELAKANG

I.I. LATAR BELAKANG
Peningkatan sarana dan prasarana umum yang di programkan Pemerintah Kabupaten Pandeglang pada tahun anggaran 20xx di prioritaskan pada Peningkatan Jalan Lingkungan (TPT, Drainase & Gorong - Gorong) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pada pelaksanaan Pekerjaan Pengawasan Teknis Paket 000x wilayah kabupaten pandeglang, PT. PAWACIPTA CONSULINDO, selaku pembantu Direksi dalam melakukan Bintek terhadap pekerjaan fisik tersebut sesuai dengan kontrak Nomor : xxx/Was.xx.xx/SPK/Perkim-DPU/xxxx tanggal xx Nopember xxxx telah selesai melaksanakan pekerjaan pengawasan pada tanggal xx Desember xxxx.
Sebagai kelengkapan laporan pelaksanaan pekerjaan pengawasan pada Peningkatan Jalan Lingkungan (TPT, Drainase & Gorong - Gorong) sesuai dengan Kerangka Acuan Kerja ( KAK ) dan disampaikan kepada direksi, maka dibuatlah suatu laporan Akhir.

I.2. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan konsultansi pengawasan pada Peningkatan Jalan Lingkungan (TPT, Drainase & Gorong - Gorong) adalah membantu memberikan masukan kepada Direksi terhadap proses pelaksanaan kontruksi fisik yang maksimal dan hasil akhir pekerjaan guna perencanan lebih lanjut untuk pekerjaan sejenis di masa yang akan datang.

I.3. LINGKUP PEKERJAAN PENGAWASAN
Lingkup pekerjaan pengawasan Pengawasan Teknis Paket 000x adalah membantu direksi dalam melaksanakan Pekerjaan Pengawasan Teknik pada pengawasan Pengawasan Teknis agar kegiatan tersebut tidak menyimpang dari rencana, sfesifikasi teknis maupun spesifikasi umum sesuai dengan dokumen kontrak, yan menyangkup beberapa hal, antara lain :
 - Membantu direksi melalui pelayanan Pengawasan Teknik dengan penekanan pada metode Asisten konsep bimbinan teknik, sehingga konsultan hanya bersifat membantu direksi dimana seluruh keputusan berada di pihak Direksi.
- Membantu Direksi dalam mengawasi pelaksanaan pekerjaan kontruksi yang dilakukan oleh kontraktor agar sesuai dengan gambar rencana dan spesifikasi teknik maupun spesifikasi umum secara lebih teliti sebagaimana tecantum dalam dokumen kontrak;
- Membantu Mengukur kuantitas pekerjaan dan pengesahan pembayaran berkala serta pembayaran terakhir pada kontraktor;
- Membantu memberikan saran mengenai perubahan pekerjaan dan tuntutan klaim;
- Membantu memerikisa dan menguji bahan-bahan material yang akan digunakan;
- Membantu berkordinasi dengan Direksi mengenai hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan pekerjaan;
 - Membantu memberikan rekomendasi pengoperasian dan pemeliharaan peralatan-peralatan yang akan dipakai;
 
Faktor-faktor lain yang terkait dan memang diperlukan atau di minta  misalnya : tinjauan kembalidisain, pemeriksaan gambar pelaksanaan kontraktor / As buit drawing;
Kegiatan tersebut di atas harus sepengetahuan Direksi Pekerjaan dan Direksi Lapangan berdasarkan Kontrak Kontruksi yang akan dilaksanakan. Dimana dalam pelaksanaannya terdapat beberapa detail pengawasan antara lain :
Melaksanakan pengawasan harian terhadap pelaksanaan pekerjaan :
  Memberikan intruksi atau petunjuk kepada kontraktor sehingga dapat diperoleh hasil pelaksanaaan yang baik;
  Memberikan pengarahan bahwa semua bahan / material yang akan ditempatkan di lapangan betul-betul memenuhi persyaratan;
  Memberikan semua gambar dengan teliti dan menyetujiui bila gambar  kerja tersebut memenuhi syarat;
  Memberi intruksi secara tertulis kepada kontraktor untuk memperbaiki pekerjaan yang tidak memenuhi persyaratan ;
  Ikut serta dalan inspeksi pemeriksaan akhir kegiatan sebelum pelaksanaan serah terima pekerjaan dari komtraktor kepad direksi  atau pemberi Kerja;
  Melakukan kegiatan review desain (bila ada ) yang meliputi :
Mengkoordinasikan pengembalian data lapangan secara akurat yang dilakukan oleh kontraktor guna review desain untuk perubahan-perubahan yang direkomendasikan 9bila perlu).
Menyiapkan perkiraan biaya dan addendum sert aperubahan kontrak sehubungan dengan review desain.


I.4. LOKASI PEKERJAAN
Lokasi Pekerjaan pengawasan Pengawasan Teknis Paket 000x Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran xxxx tersebar di beberapa lokasi, yaitu :

1. Pavingblok Jalan Komp. Karang Indah
Kecamatan : Karangtanjung
Kabupaten : Pandeglang
2. Jalan Kp. Kabayan Kota RW.13
Kecamatan : Pandeglang
Kabupaten : Pandeglang
3. Jalan Lingkungan Kp. Pamagersari RT. 01/03 ( Lanjutan )
Kecamatan : Pandeglang
Kabupaten : Pandeglang
4. Jalan Lingkungan dan Gorong-Gorong  Kp. Sukaasih
Kecamatan : Karangtanjung
Kabupaten : Pandeglang
5. TPT Jalan Lingkungan Ds. Tanagara
Kecamatan : Cadasari
Kabupaten : Pandeglang
6. Drainase/Gorong-Gorong Kp. Cikondang RT. 01 s.s RW. 10
Kecamatan : Karangtanjung
Kabupaten : Pandeglang
7. Jalan Lingkungan Kp. Cikiray
Kecamatan : Karangtanjung
Kabupaten : Pandeglang
8. Jalan Kp. Kabayan Citiis RW. 02
Kecamatan : Pandeglang
Kabupaten : Pandeglang
9. Drainase/Gorong-Gorong Kp. Kaduparanje
Kecamatan : Pandeglang
Kabupaten : Pandeglang
10. Drainase/Gorong-Gorong Jalan Desa Kaduela
Kecamatan : Cadasari
Kabupaten : Pandeglang
11. Perbaikan Cigadung Alinyemen Vertikal Jalan Masuk Komp. Cigadung Indah
Kecamatan : Karangtanjung
Kabupaten : Pandeglang

I.5. JADWAL WAKTU PELAKSANAAN

Jadwal waktu pelaksanaan pengawasan pekerjaan pengawasan Pengawasan Teknis Paket xx  mengikuti jadwal waktu pelaksanaan Pekerjaan Yaitu :

Sesuai kontrak waktu pelaksanaan pekerjaan fisik adalah 30 (Tiga Puluh) hari Kalender .
Jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan pengawasan sesuai kontrak adalah 35 Hari kalender terhitung mulai tanggal SPMK, yaitu tanggal 18 Nopember xxxx.


BAB – 2
LAPORAN HASIL PEKERJAAN

2.1. DATA TEKNIS

Data teknis untuk pekerjaan pengawasan Pengawasan Teknis Paket 000x  yang dilaksanakan atau terlaksana adalah sebagai berikut :
2.2. DATA ADMINISTRASI KEGIATAN
A. KONSULTAN PENGAWAS
Nama Kegiatan : Peningkatan Jalan Lingkungan(TPT, Drainase & Gorong-Gorong)
Nama Pekerjaan : Pengawasan Teknis Paket xx
Sumber Dana : APBD-P Kabupaten Pandeglang
Tahun anggaran : 20xx
Nama Perusahaan : PT. PAWACIPTA CONSULINDO
Kontrak Nomor : xx/Was.ABT.xx/SPK/Perkim-DPU/xxx
Tanggal : xx Nopember xxx
Nilai Kontrak : Rp. xxx.687.000,00,-

B. KONTRAKTOR (KONTRUKSI)
Mengingat pelaksanaan pekerjaan Pengawasan Teknis Paket 000x  yang di awasi oleh PT. PAWACIPTA CONSULINDO terdiri dari 11 Paket Peningkatan Jalan Lingkungan, maka Data Administrasi Kegiatan pelaksana fisik kegiatan adalah sebagai berikut :


1. Jalan Komp. Karang Indah
Kontraktor : CV. DWI PANGGA
No. kontrak : 600/PL.ABT.JL.27/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 18 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xxx,385,000.00,-
2. Jalan Kp. Kabayan Kota RW. 13
Kontraktor : CV. DAYA KENCANA
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.09/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 18 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xx,140,000.00,-
3. Jalan Lingkungan Kp. Pamagersari RT. 01/03 (Lanjutan)
Kontraktor : CV. PUTRA WIJAYA
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.41/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 19 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xxx,290,000.00,-
4. Jalan Lingkungan dan Gorong-Gorong  Kp. Sukaasih
Kontraktor : PT. LENCANA ZAMRUD
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.31/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 19 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xx,735,000.00,-
5. TPT Jalan Lingkungan Ds. Tanagara
Kontraktor : CV. BUDI UTAMA JAYA
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.33/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 19 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xx,344,000.00,-
6. Drainase/Gorong-Gorong Kp. Cikondang RT.01 s.d RW. 10
Kontraktor : CV. MENES LESTARI
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.17/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 18 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xxx,530,000.00,-
7. Jalan Lingkungan Kp. Cikiray
Kontraktor : CV. MULTI PRATAMA
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.35/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 19 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xx,433,000.00,-
8. Kp. Kabayan Citiis RW. 02
Kontraktor : CV. PUTRA BALAPUNAH RAYA
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.07/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 19 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xxx,820,000.00,-
9. Drainase/Gorong-Gorong Kp. Kaduparanje
Kontraktor : CV. INTERMEDIA PRATAMA
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.19/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 18 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xxx,650,000.00-
10. Drainase/Gorong-Gorong Jalan Desa Kaduela
Kontraktor : CV. SINAR ALAM
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.15/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 19 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xxx,860,000.00-

11. Perbaikan Cigadung Alinyemen Vertikal Jalan Masuk Komp. Cigadung Indah
Kontraktor : CV. MOZAIK HILL
No. kontrak : xxx/PL/AKHIR.JL.30/LAPORAN/AKHIR/PERKIM/DPU/xxxx
Tgl. Kontrak : 18 Nopember xxxx
Nilai Kontrak : Rp. xx,890,000.00-

2.3. JADWAL PELAKSANAAN

Jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan pengawasan Pengawasan Teknis Paket 000x  mengikuti jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan yaitu :
Sesuai kontrak lama waktu pelaksanaan pada masing-masing pekerjaan fisik adalah xxx Hari kalender terhitung mulai tanggal SPMK, sedangkan tanggal SPMK pada masing-masing pekerjaan sama dengan tanggal ditandatanganinya kontrak.
Jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan pengawasan sesuai dengan kontrak adalah xxx Hari kalender terhitung mulai tanggal SPMK yaitu tanggal 18 Nopember xxxx sampai dengan xx Desember xxxx.


2.4. STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Oranisasi PT. PAWACIPTA CONSULINDO pada Pekerjaan Pengawasan Teknis Paket 000x Dinas Pekerjaan Umum Bidang Perumahan dan Permukiman Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran xxxx adalah :

2.5. PELAPORAN

Bentuk pelaporan yang akan diserahkan sebagaimana yang tercantum dalam dokumen kontrak adalah.
I. Laporan Bulanan
a. Latar belakang pelaksanaan pekerjaan
b. Uraian pekerjaan
c. Jadwal pelaksanaan kegiatan konsultan dll.
Laporan d buat 4 (empat) Buku

II. Laporan Akhir
a. Hasil rangkuman pelaksanaan pekerjaan
b. Kesimpulan dan saran
Laporan d buat 4 (empat) Buku


2.6. STATUS KEMAJUAN PEKERJAAN
Status kemajuan pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan sampai dengan akhir pelaksanaan pekerjaan selesai dilaksanakan pada tanggal 13 Desember xxxx adalah sebagai berikut :

1. Jalan Komp. Karang Indah 100%
2. Jalan Kp. Kabayan Kota RW. 13 100%
3. Jalan Lingkungan Kp. Pamagersari RT. 01/03 (Lanjutan) 100%
4. Jalan Lingkungan dan Gorong-Gorong  Kp. Sukaasih 100 %
5. TPT Jalan Lingkungan Ds. Tanagara 100 %
6. Drainase/Gorong-Gorong Kp. Cikondang RT.01 s.d RW. 10100 %
7. Jalan Lingkungan Kp. Cikiray 100%
8. Kp. Kabayan Citiis RW. 02 100%
9. Drainase/Gorong-Gorong Kp. Kaduparanje 100%
10. Drainase/Gorong-Gorong Jalan Desa Kaduela 100%
11. Perbaikan Cigadung Alinyemen Vertikal Jalan Masuk Komp. Cigadung Indah 100 %



BAB – 3
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1. KESIMPULAN


Perkembangan pekerjaan fisik di lapangan dari awal pelaksanaan pekerjaan sampai akhir pelaksanaan pekerjaan kami laporkan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran perkembangan (progress) fisik di lapangan secara keseluruhan, meliputi laporan mingguan, laporan bulanan, status kemajuan pekerjaan dan fhoto dokumentasi.

Pada pelaksanaan pengawasan pekerjaan fisik tidak terlalu banyak kendala yang berarti terutama yang berkaitan dengan masalah teknis, hanya ada beberpapa perbedaan persepsi mengenai laporan dan hal tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


3.2. SARAN – SARAN

Dari hasil pengawasan pekerjaan di lapangan, konsultan menyarankan beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan untuk pelaksanaan pekerjaan sejenis di masa yang akan dating, antara lain :
Perlunya persamaan persepsi dari seluruh pihak yang terjait mengenai jadwal pelaksanaan dan teknis pelaksanaan  yang telah direncanakan dan disepakati pada awal pelaksanaan, sehinga tidak menimbulkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan.
Perlu adanya koordinasi dari seluruh pihak, khususnya pelaksana untuk menginformasikan apabila akan memulai/melaksanakan pekerjaan.

Comments

Popular posts from this blog

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Genteng Metal Roof

Cara Menghitung Penutup Atap terutama dalam Menganalisa Harga Satuan Pekerjaan Metal roof ini sangat menentukan dalam pembiayaan merencanakan satuan harga kepada Owner. dan memang betul dalam penetuan harga permeter tergantung pada harga genteng yang akan di pasang, variasi harga genteng tergantung dari harga pasar yang berlaku, akan tetapi dalam analisa pekerjaaan satuan genteng metal roof ada taksiran atau perkiraaan sementara dalam melaksanakan pekerjaan. Analisa Harga Satuan Atap Genteng Metal ini hanya alat bantu hitungan untuk menerapkan harga Permeter Perseginya (M2). untuk dapat secara angka pasti tentunya harus sesuai dengan harga pasar  semoga analisa pekerjaan ini dapat membantu dalam proses pembuatan RAB untuk Pekerjaaan Atap Genteng Metal . Beli Genteng Metal Menghitung Budget / Biaya Pemasangan Baja Ringan + Genteng Metal Harga Terpasang Baja Ringan  Harga Genteng Metal/ Metal Roof Per Meter Harga per batang Baja Ringan

Surat Pernyataan Selesai Pekerjaan 100%

SURAT PERNYATAAN Nomor      :  20/PWC-Str.Pernyataan/DPU-JLN/IX/2013 Yang bertanda tangan di bawah ini  :          Nama                                             :       ANDRI PRIANA. ST          Jabatan                                         :      Direktur Utama.          Nama perusahaan                       :      PT. PAWACIPTA CONSULINDO          Alamat                                           :      Jl. Raya Labuan Km. 2 No 40 Pandeglang          Bertindak untuk dan atas nama :       PT. PAWACIPTA CONSULINDO                                                                                        Selaku Konsultan Pengawas berdasarkan   :                                                                                  Nomor Kontrak                           : ../SPK/Pengawasan/Poros-Desa/DPU-BM/2014                   Tanggal Kontrak                          :  ...Nopember  2013          Pekerjaan                                     : Pengawasan Te

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Rangka Baja Ringan

Kesulitan Bagaimana Cara Analisa Harga Satuan Pekerjaan Baja Ringan seringkali di temui terutama pada saat menghitung kebutuhan rangka atap baja ringan. ada beberapa cara menghitung rangka atap baja ringan bagi para perencana atau arsitek untuk menghitung kebutuhan atap baja ringan tentulah sulit karena dalam menganalisa haruslah di buktikan melalui praktek langsung di lapangan (praxis) Pekerjaan Rangka Atap Baja Ringan perlu adanya suatu analisa untuk mempertanggung jawabkan suatu pekerjaan apabila pemberi pekerjaan (owner) meminta untuk membuktikan hasil hitungan. Analisa harga satuan pekerjaan hanya untuk pekerjaan penutup atap genteng metal (Metal Roof)  Analisa rangka atap baja ringan tergantung pada penutup atap dan beban berat dari genteng tentu setiap analisa berbeda-beda hitungannya. kesulitan bagaimana cara mencari menghitung luas volume penutup atap rangka baja ringan silahkan kunjungi : Harga Besi Beton 2013 Perkiraan Hitung Luas Volume ONLINE Harga Pa